AKSES LAYANAN
pengumuman

Predikat Reformasi Birokrasi Kota Banjarbaru “BB”

PENULIS
Developer
TANGGAL
08 Februari 2024

Prestasi membanggakan kembali diraih Pemerintah Kota Banjarbaru di Tahun 2024 ini. Kali ini Pemerintah Kota Banjarbaru memperoleh Predikat BB dalam Evaluasi Penilaian Reformasi Birokrasi dengan capaian Indeks Reformasi Birokrasi mencapai 78.14.
Nilai evaluasi tersebut diumumkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada Selasa, 6 Februari 2024 dalam acara penyampaian Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi Tahun 2023.

Hal ini tentu saja membanggakan karena Pemerintah Kota Banjarbaru dapat naik peringkat dibanding capaian beberapa tahun yang memperoleh nilai B. Capaian ini dapat diperoleh berkat dukungan dan kerjasama berbagai pihak.

Dalam pembangunan nasional Indonesia, Reformasi birokrasi telah menjadi fokus utama. Maka dalam rangka mencapai visi "World Class Bureaucracy," pemerintah telah menetapkan sejumlah agenda prioritas, di antaranya adalah reformasi birokrasi.

Visi ini menjadi pilar utama dalam mewujudkan pemerintahan yang profesional, berintegritas tinggi, mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, dan memiliki manajemen pemerintahan yang demokratis.

Untuk mencapai visi tersebut menetapkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Nomor 9 Tahun 2023 tentang Evaluasi Reformasi Birokrasi menjadi pedoman dalam menilai dan mengevaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Sejalan dengan komitmennya membangun Banjarbaru Maju, Agamis dan Sejahtera yang tertuang dalam visi pembangunan Kota Banjarbaru, pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kota Banjarbaru telah dibangun dengan mempedomani prinsip dasar Reformasi Birokrasi yaitu : dinamis, holistik, berorintasi hasil, kolaboratif, sinergis dan kontinuitas.

Selain itu aspek penting yang juga penting telah membantu dalam peningkatan capain ini yaitu ketepatan dalam desain program kegiatan, dan aksi reformasi birokrasi sehingga apa yang telah dirancang dengan tepat dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan serta keberhasilan pencapaian sasaran dimana keharusan untuk mencermati sejauh mana sasaran-sasaran reformasi telah tercapai.

Sehingga capaian Reformasi Birokrasi ini bukan hanya capaian dalam angka yang membanggakan namun yang terpenting adalah dampak atau manfaat bagi masyarakat dan pembangunan.

Reformasi Birokrasi yang dilaksanakan melalui penerapan Reformasi General dan Tematik dapat berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat dan pembangunan secara keseluruhan.

Jl. Trikora No.1, Gedung Serba Guna Lt.1,
Guntung Paikat, Kec. Banjarbaru Selatan,
Kota Banjarbaru 70713
FOLLOW US
Berlangganan buletin kami!
Subscription Form

copyright ©2023 pemerintah kota banjarbaru / all rights reserved / Privacy Policy