Visi dan Misi

VISI MISI Inspektorat Kota Banjarbaru Tahun 2016 – Tahun 2021 tentu selaras
dengan Visi dan Misi RPJMD Kota Banjarbaru Tahun 2016 – Tahun 2021.
Inspektorat Kota Banjarbaru menetapkan Visi Renstra 2016 – 2021 yaitu :
“TERWUJUDNYA PENGAWASAN YANG BERKARAKTER”

Visi :

  1. Integritas berarti suatu konsep yang menunjukan konsistensi antara tindakan dengan nilai dan prinsip.
  2. Nilai dan prinsip tidak terlepas dari kebenaran yang akhirnya menuju pada kejujuran dan keadilan. Integritas berhubungan dengan dedikasi atau pengerahan segala daya dan upaya untuk mencapai satu tujuan.
  3. Aparatur yang berintegritas tidak akan mudah korupsi atau memperkaya diri dengan menyalahgunakan wewenang serta tetap terjaga dari hal-hal yang memutarbalikkan dirinya dari tujuan mulia.

Misi :

  1. Mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) APIP yang berintegritas.
    Penjelasan makna Misi 1 (satu) adalah : Diharapkan APIP dalam melakukan pengawasan tidak keluar dari jalurnya dalam mencapai suatu proses yang benar untuk menghasilkan sesuatu yang benar, kemampuan, kemahiran cara pelaksanaan sesuatu dan lain-lain, dijalankan dalam batas-batas kewajaran, normatif dan profesional. Auditor Keuangan, Auditor Kepegawaian dan P2UPD maupun pelaksana, harus memenuhi standar kompetensi dan indefendensi dalam menjalankan tugasnya.
  2. Memperkuat Pengawasan Reformasi Birokrasi, Pelayanan Publik dan Tata Kelola Pemerintah yang Baik. Penjelasan mengenai makna Misi 2 (dua) adalah : Peranan APIP memang tidak terlibat langsung dalam proses pelaksanaan publik kemasyarakat, namun akan dapat dirasakan oleh masyarakat nantinya apabila penyelenggaraan pemerintah daerah telah sesuai dengan kaidah dan peraturan perundangan. Dalam memperkuat pelaksanaan reformasi hasil-hasil pengawasan diharapkan dapat memberikan keyakinan memadai atas ketaatan kehematan, efisiensi dan efektivitas pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi
  3. pemerintah, memberi peringatan dini dan dapat memberikan rekomendasi
  4. terhadap kelemahan menjadi kekuatan serta dapat memelihara dan meningkatkan
  5. tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi Instansi Pemerintah.